MAKALAH
pemanfaatan multimedia
Disusun oleh :
Nama : Mochamad Faris Ilham
Kelas : 4IB04
NPM : 14415213
Fakultas Teknologi Industri
Universitas Gundarma
2019
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, karunia
serta nikmat-Nya kepada kita semua khususnya pada diri penulis sehingga
penulisan makalah ini telah diselesaikan. Sholawat serta salam tak lupa pula
kami curahkan kepada Nabi Muhammad SAW serta keluarga, sahabat dan pengikutnya
yang senantiasa menjaga dan melaksanakan perintah agama sebagaiman Rasul
memberikan pengajaran kepada umatnya, yang semata-mata adalah memberikan cahaya
islam kedalam kehidupan manusia.
Penulis
menyadari sepenuhnya dalam penulisan makalah tanpa bantuan dari berbagi pihak
tidak akan terselesaikan, untuk itu penulis mengucapkan terima kasih yang
sebesar-besarnya kepada semua pihak yang tidak bisa disebutkan satu-satu dalam
membantu penyelesaian makalah ini. Selain itu penulis juga menyadari sepenuhnya
bahwa dalam pembuatan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan dan banyak
kesalahan ataupun kekeliruan dari berbagai segi, untuk itu penulis sangat
mengharapkan kritik, saran serta masukan yang bersifat membangun dari pembaca
agar kedepannya bisa lebih baik lagi.
BAB I
PENDAHULUAN
A.Pendahuluan
Perkembangan teknologi
komunikasi dan informasi yang sangat pesat telah berpengaruh terhadap berbagai
aspek kehidupan manusia. Sampai saat ini, menurut TofFler, perkembangan
tersebut telah mencapai gelombang yang ketiga. Gelombang pertama timbul dalam
bentuk teknologi pertanian, dimana era pertanian ini telah berlangsung selama
ratusan ribu tahun yang lalu bahkan sampai sekarang. Gelombang kedua timbul
dalam bentuk teknologi industri, era industri ini telah berlangsung sejak
ratusan tahun yang lalu sampai sekarang. Kini, gelombang ketiga yang ditandai
dengan pesatnya perkembangan teknologi elektronika dan informatika. Perubahan
dari era industri ke era informasi (global) ini hanya berlangsung dalam
hitungan waktu tidak lebih dari setengah abad (Dryden dan Voss, 1999).
Penempatan Multimedia dapat dilaksanakan dimana saja selama peran masyarakat membutuhkan akses menuju sumber media yang membutuhkan informasi elektronik. Multimedia mengubah sajian tradisional komputer yang berupa teks, menjadi suatu media yang menarik perhatian dan keingintahuan. Penerimaan informasi menjadi semakin baik, dan jika disusun secara baik, multimedia juga bisa menjadi amat menghibur.
Peran Multimedia juga menjembatani dan menjangkau masyarakat yang sedikit sukar dalam penerimaan terhadap bentuk penyampaian standard komputer kedalam bentuk yang lebih mudah dapat diterima dan mudah digunakan. Pada bagian ini dijelaskan penggunaan multimedia didalam lingkup rumah tangga, pendidikan, tempat umum dan lingkup usaha / bisnis.
Penempatan Multimedia dapat dilaksanakan dimana saja selama peran masyarakat membutuhkan akses menuju sumber media yang membutuhkan informasi elektronik. Multimedia mengubah sajian tradisional komputer yang berupa teks, menjadi suatu media yang menarik perhatian dan keingintahuan. Penerimaan informasi menjadi semakin baik, dan jika disusun secara baik, multimedia juga bisa menjadi amat menghibur.
Peran Multimedia juga menjembatani dan menjangkau masyarakat yang sedikit sukar dalam penerimaan terhadap bentuk penyampaian standard komputer kedalam bentuk yang lebih mudah dapat diterima dan mudah digunakan. Pada bagian ini dijelaskan penggunaan multimedia didalam lingkup rumah tangga, pendidikan, tempat umum dan lingkup usaha / bisnis.
Adapun pemanfaatan multimedia dalam kehidupan sehari-sehari
yang di lakukan masyarakat dalam berbagai kategori atau aspek antara lain
adalah :
B. Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang dapat diambil dari pembahasan ini adalah:
Adapun rumusan masalah yang dapat diambil dari pembahasan ini adalah:
- Apa itu multimedia?
- Pemanfaatan multimedia dalam kehidupan masyarakat?
BAB II
PEMBAHASAN
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk
menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga
pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.
Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika. Selain dari dunia informatika,
multimedia juga diadopsi oleh dunia game, dan juga untuk membuat website.
Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan, bisnis,
Bidang
Kesehatan dan Kedokteran,
Teknik , Ilmu Pengetahuan dan Penelitian dan hal lainya.Pada awalnya multimedia
hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam,
teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra
pendengaran (suara) dan juga berupa ( berwujud). Dalam perkembangannya
multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsumsi indra
penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada
pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat
duduk penonton. Kinetik, dan film 3 dimensi membangkitkan sense
realistis.
Bau mulai menjadi bagian dari multimedia sejak ditemukan teknologi
reproduksi bau melalui telekomunikasi. Dengan perangkat input pendeteksi bau,
seorang operator dapat mengirimkan hasil digitizing bau tersebut melalui
internet. Komputer penerima harus menyediakan perangkat output berupa mesin
reproduksi bau. Mesin reproduksi bau ini mencampurkan berbagai jenis bahan bau
yang setelah dicampur menghasilkan output berupa bau yang mirip dengan data
yang dikirim dari internet. Dengan menganalogikan dengan printer, alat ini
menjadikan feromon-feromon bau sebagai pengganti tinta. Output bukan berupa
cetakan melainkan aroma.
Berikut ini pemanfaatan multimedia di berbagai bidang :
Bidang Kesehatan dan
Kedokteran
Dengan multimedia dokter dapat menganalisa penyakit
pasien dan memantau kondisi pasien lewat detak jantung, aliran darah, permukaan
paru-paru melalui tampilan monitor . Pengunaan sinar X untuk scanning tubuh
manusia dapat ditampilkan pada layar monitor. Selain itu, objek-objek
yang sangat kecil (berukuran nano) dapat dilihat melalui mikroskop yang
terhubung ke komputer. Hal lain yang dapat dilakukan dengan pemanfaatan
multimedia antara lain menyimpan riwayat penyakit pasien, penggajian karyawan
RS dan mengelola persediaan obat-obatan.
Multimedia sangat membantu dalam dunia pendidikan
dikarenakan beberapa hal berikut :
- Multimedia dapat menampilkan objek biologi yang sangat kecil untuk dapat dilihat dan dipelajari.
- Multimedia dapat menampilkan objek yang sangat besar dan jauh seperti planet, system tata surya, bentuk gunung, dataran tinggi dan lainnya.
- Multimedia dapat menampilan animasi dari objek yang bergerak.
- Multimedia dapat menambah daya tarik siswa untuk mengamati berbagai objek.
Oleh karena hal-hal tersebut, keuntungan dan manfaat
multimedia di bidang pendidikan cukup banyak antara lain :
- Multimedia dapat membantu siswa dalam mengingat dan mengerti pelajaran.
- Multimedia menyampaikan isi pelajaran dengan canggih dan berkesan.
- Multimedia dapat menampilkan dan memberikan pengetahuan secara teks maupun gambar animasi tentang objek-objek yang sulit kepada siswa.
- Multimedia mampu menunjukkan dunia sekitar yang kaya dengan ilmu pengetahuan
- Multimedia dapat membuat siswa menjadi tertarik, senang pada pelajaran sehingga proses belajar siswa tidak membosankan.
- Multimedia dapat membuat terjadinya interakti antara siswa dengan teknologi terkini.
- Multimedia memberi peluang kepada guru untuk mengubah kaidah pengajaran.
- Multimedia dapat membuat siswa menjadi lebih aktif, kooperatif, interaktif baik dengan guru maupun dengan siswa lain.
Bidang Bisnis
Multimedia mempunyai peranan penting dalam bidang
bisnis karena dapat digunakan sebagai alat promosi. Dengan promosi yang
inovatif , kreatif dan interaktif , daya saing sebuah produk menjadi
lebih tinggi. Multimedia memiliki kelebihan untuk menarik indera dan
minat, karena merupakan gabungan antara pandangan, suara, dan gerakan.
Pemasaran sebuah produk akan lebih cepat dan efektif dengan penampilkan sebuah
iklan yang menarik dan mudah dimengerti. Selain itu, multimedia juga digunakan
dalam menampilkan grafik dan angka perkembangan saham, jangkauan pemasaran ,
data rahasia perusahaann dan informasi mengenai klien bisnis.
Bidang Teknik
Di bidang teknik, multimedia dimanfaatkan dalam
berbagai aplikasi dan software simulasi yang berbasis teknik. Simulasi yang
digunakan dapat menampilkan objek-objek dua dimensi dan tiga dimensi yang dapat
membantu di bidang teknik industri, mesin dan sipil. Sementara di bidang
elektro, multimedia dapat menampilkan objek komponen beserta karakteristiknya
serta dapat menunjukkan hasil dari simulasi rangkaian berupa tampilan gelombang
, angka dan persamaan matematis.
Bidang Ilmu Pengetahuan
dan Penelitian
Dalam matematika dan penelitian ilmiah, multimedia
dipakai terutama untuk modelling dan simulasi. Sebuah objek (zat atau
makhluk hidup) yang baru ditemukan dapat disimulasikan dalam bentuk model untuk
diteliti dan dikembangkan. Objek-objek tersebut dapat diteliti dengan
mempelajari tekstur, ukuran, dimensi dan karakternya dalam bentuk multimedia
berupa gambar, animasi dan bahkan suara.
Bidang Seni dan
Hiburan
Multimedia banyak digunakan dalam
industri hiburan, khususnya untuk memberikan efek khusus suara dan
gambar dalam film dan animasi. Multimedia juga dimanfaatkan pada aplikasi
dan game. Pengguna diberikan fasilitas untuk mengkontrol gerak animasi dalam
game. Di kehidupan sehari-hari multimedia dimanfaatkan dengan penggunaan DVD
player dan MP3/MP4 player yang dapat menyuguhkan hiburan film,
musik dan karaoke. Selaim itu berita-berita yang dimuat di televisi dan internet
bukan hanya berupa teks namun berisi gambar, video atau bahkan animasi dari
sebuah simulasi kejadian.
Bidang Tranportasi dan
Komunikasi
Di bidang Tranportasi, multimedia digunakan untuk
menampilkan sistem navigasi sebuah pesawat atau kapal laut. Pada navigasi
kapal laut bisa ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Untuk
sistem navigasi pesawat dapat ditentukan ketinggian pesawat, kondisi cuaca dan
kecepatan angin pada monitor sistem navigasi. Sementara di darat, jalur
kereta serta pergerakan kereta dapat dimonitoring dalam suatu tampilan monitor
di ruang kendali pusat. Selain itu, dengan multimedia , kita dapat mengetahui
kondisi jalan dan posisi kita berada dalam suatu sistem yang disebut GPS (Global
Positioning System). GPS memungkinkan pengguna untuk melacak posisi
kendaraan, armada ataupun mobil dalam keadaan Real-Time. GPS Tracking
memanfaatkan kombinasi teknologi GSM dan GPS untuk menentukan koordinat sebuah
obyek, lalu menerjemahkannya dalam bentuk peta digital. Informasi
yang didapat dari GPS dapat dilihat dan disimpan dalam ponsel atau komputer.
Multimedia dimanfaatkan dalam bidang komunikasi untuk
mempermudah manusia bertukar informasi. berbagai macam objek dapat diolah dan
dikirim dengan kemudahan melalui ponsel dan komputer. Sebuah objek multimedia
dapat dikirim dengan cepat dan mudah melalui fasilitas MMS pada ponsel. Bahkan
sekarang ponsel-ponsel berbasis android sangat mudah dalam pengiriman
pesan multimedia.
DAFTAR PUSAKA
https://iketutsuastika.wordpress.com/2013/03/19/pemanfaatan-multimedia/
(Diakses pada tanggal 11 April 2019)
https://id.wikipedia.org/wiki/Multimedia
(Diakses pada tanggal 11 April 2019)
https://agungborn91.wordpress.com/2013/03/16/pemanfaatan-multimedia/
(Diakses pada tanggal 11 April 2019)