MAKALAH
Komponen-Komponen Komputer
Disusun oleh :
Nama : Mochamad Faris Ilham
Kelas : 4IB04
NPM : 14415213
Fakultas Teknologi Industri
Universitas Gundarma
2019
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, karunia
serta nikmat-Nya kepada kita semua khususnya pada diri penulis sehingga
penulisan makalah ini telah diselesaikan. Sholawat serta salam tak lupa pula
kami curahkan kepada Nabi Muhammad SAW serta keluarga, sahabat dan pengikutnya
yang senantiasa menjaga dan melaksanakan perintah agama sebagaiman Rasul
memberikan pengajaran kepada umatnya, yang semata-mata adalah memberikan cahaya
islam kedalam kehidupan manusia.
Penulis
menyadari sepenuhnya dalam penulisan makalah tanpa bantuan dari berbagi pihak
tidak akan terselesaikan, untuk itu penulis mengucapkan terima kasih yang
sebesar-besarnya kepada semua pihak yang tidak bisa disebutkan satu-satu dalam
membantu penyelesaian makalah ini. Selain itu penulis juga menyadari sepenuhnya
bahwa dalam pembuatan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan dan banyak
kesalahan ataupun kekeliruan dari berbagai segi, untuk itu penulis sangat
mengharapkan kritik, saran serta masukan yang bersifat membangun dari pembaca
agar kedepannya bisa lebih baik lagi.
A.
Latar Belakang
Komputer merupakan alat modern yang
tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari mengerjakan
pekerjaan kantor, multimedia,bahkan hiburan. Dewasa ini perkembangan komputer
semakin berkembang dan masih akan terus berkembang tanpa batas. Kita sebagai
manusia mau tidak mau harus mengikuti perkembangan kemajuan teknologi khususnya
bidang komputerisasi agar kita tidak termakan oleh alat yang kita buat sendiri.
Atas dasar itu kami mencoba membahasnya dalam bentuk makalah dengan harapan
dapat berguna bagi orang lain khususnya bagi kami. Banyak sekali pembahasan
tentang komputer, tapi kami coba menulis makalah dengan judul Komponen komponen
Komputer yang di jelaskan secara umum atau garis besarnya saja, jika kami
membahas secara keseluruhan itu membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan
referensi yang banyak. Makalah ini kami susun sangat simpel agar para pembaca
mudah mencernanya dan tidak bosan membacanya.
B. Batasan
Masalah
1. Apa
itu yang dimaksud dengan perangkat keras (hardware)
2. Apa
itu yang dimaksud dengan perangkat lunak (software).
C. Tujuan Penulisan
makalah ini disusun dengan tujuan
untuk mengetahui:
1.
perangkat keras (hardware)
2.
perangkat lunak (software).
BAB II
PEMBAHASAN
1. perangkat keras (hardware)
Perangkat keras
komputer adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan perangkat
lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam
menyelesaikan tugasnya.
Perangkat
Keras Komputer atau lebih dikenal dengan hardware mempunyai empat komponen
utama yakni input device, central processing unit (CPU), backing storage
(storage devices) dan output devices. Input devices dan output devices di
kelompokkan dalam satu bagian yang disebut peripheral yang terletak di sisi
luar casing komputer. CPU dan backing storage dikelompokkan sebagai komputer
dan biasa terletak di dalam casing utama computer.
Komponen
Perangkat Keras Komputer :
1.
CPU
Unit Pemroses Sentral (UPS) (bahasa
Inggris: Central Processing Unit/Processor; CPU),
merujuk kepada perangkat keras komputer yang
memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Istilah lain,
pemroses/prosesor (processor), sering digunakan untuk menyebut CPU. CPU
berfungsi seperti kalkulator, hanya saja CPU jauh lebih kuat daya
pemrosesannya. Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmetika
dan logika
terhadap data yang diambil dari memori
atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat
keras, seperti papan tombol, pemindai, tuas
kontrol, maupun tetikus. CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat
lunak komputer.
Perangkat
lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media
penyimpan, seperti cakram keras, disket, cakram
padat, maupun pita perekam. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan
terlebih dahulu pada memori fisik (MAA), yang mana setiap instruksi
akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU
dapat mengakses data-data pada MAA dengan menentukan alamat data yang
dikehendaki.
2.
RAM
Ram adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses
dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori.
Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape
magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan
memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.
3.
Hard Drive
Cakram keras atau Diska keras (bahasa
Inggris: "harddisk" atau
"hard drive" (disingkat HD) atau
"harddisk drive" (disingkat HDD)) adalah sebuah komponen perangkat
keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Diska
keras diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson
pada tahun 1956.
Diska keras pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6
meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm
(rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Diska
keras zaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas
750 GB.
Kapasitas terbesar diska keras saat ini mencapai 14 TB dengan
ukuran standar 3,5 inci[1].
Data yang disimpan dalam diska keras tidak akan hilang ketika tidak diberi
tegangan listrik, yakni: "penyimpan tak gabar"[2]
atau "mantap" (bahasa Inggris: nonvolatile). Dalam sebuah diska keras,
biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data
yang dapat ditampung.
4.
Mouse
Tetikus (bahasa
Inggris: mouse) adalah peranti penunjuk yang digunakan untuk
memasukkan data dan
perintah ke dalam komputer selain papan
ketik. Tetikus memperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur
berbentuk seperti ekor tikus[1]. etikus
bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan
keras dan rata. Tetikus yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi,
tetapi menggunakan sinar optis untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula
yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar
inframerah, maupun bluetooth. Saat ini, teknologi terbaru sudah
memungkinkan tetikus memakai sistem laser, memungkinkan
resolusi mencapai 2.000 titik per inci (dpi) hingga 4.800 titik per inci. Biasanya tetikus model
ini diperuntukkan bagi penggemar permainan
video.
5.
Keyboard
Papan ketik komputer (bahasa
Inggris: keyboard)
merupakan sebuah papan yang terdiri atas tombol-tombol seperti huruf alfabet (A-Z)
untuk mengetikkan kalimat, juga terdapat angka 1 sampai 9,
dan juga 0. Serta simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Dalam komputasi,
papan ketik menggunakan susunan tombol atau kunci, untuk bertindak sebagai tuas
mekanis atau sakelar elektronik.
6.
Monitor
Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy
device, karena keluarannya adalah berupa sinyal elektronik,
dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil
adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran
layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki
tingkat resolusi
yang berbeda. Resolusi inilah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat
ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat
beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan
bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).
2. PERANGKAT LUNAK BAHASA (LANGUAGE
SOFTWARE)
Perangkat
Lunak Bahasa (Language Program), yaitu program yang digunakan untuk
menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke
dalam bahasa mesin agar dapat diterima dan dipahami oleh komputer.
·
Sistem operasi (bahasa
Inggris: operating system)
adalah perangkat lunak sistem yang mengatur sumber
daya dari perangkat keras dan perangkat
lunak, serta sebagai jurik (daemon) untuk program
komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program
aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting. Sistem
operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan
memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya. Untuk
fungsi-fungsi perangkat keras seperti sebagai masukan dan keluaran dan alokasi memori,
sistem operasi bertindak sebagai perantara antara program aplikasi dan
perangkat keras komputer,[1][2]
meskipun kode aplikasi biasanya dieksekusi langsung oleh perangkat keras dan
seringkali akan menghubungi OS atau terputus oleh itu. Sistem operasi yang
ditemukan pada hampir semua perangkat yang berisi komputer-dari ponsel dan konsol permainan video untuk superkomputer
dan server
web. Contoh sistem operasi modern adalah Linux, Android, iOS, Mac OS X,
dan Microsoft Windows.[3]
·
Program komputer atau sering kali
disingkat sebagai program adalah serangkaian instruksi yang ditulis
untuk melakukan suatu fungsi spesifik pada komputer.[1]
Komputer pada dasarnya membutuhkan keberadaan program agar bisa menjalankan
fungsinya sebagai komputer, biasanya hal ini dilakukan dengan cara mengeksekusi
serangkaian instruksi program tersebut pada prosesor.[2]
Sebuah program biasanya memiliki suatu bentuk model pengeksekusian tertentu
agar dapat secara langsung dieksekusi oleh komputer. Program yang sama dalam
format kode yang dapat dibaca oleh manusia disebut sebagai kode
sumber, bentuk program yang memungkinkan programmer
menganalisis serta melakukan penelaahan algoritme yang digunakan pada program
tersebut. Kode sumber tersebut pada akhirnya dikompilasi
oleh utilitas bahasa pemrograman tertentu sehingga membentuk sebuah program.
bentuk alternatif lain model pengeksekusian sebuah program adalah dengan
menggunakan bantuan interpreter, kode sumber tersebut langsung dijalankan
oleh utilitas interpreter suatu bahasa pemrograman yang digunakan. Beberapa
program komputer dapat dijalankan pada sebuah komputer pada saat bersamaan,
kemampuan komputer untuk menjalankan beberapa program pada saat bersamaan
disebut sebagai multitasking. Program komputer dapat dikategorikan
menurut fungsinya; perangkat lunak sistem atau perangkat lunak aplikasi.
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Dari
penjelasan yang dilakukan diatas maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Perangkat keras dan perangkat lunak pada komputer tidak dapat
dipisahkan. Karena masing-masing saling membutuhkan.
2. Perkembangan perangkat keras dan perangkat lunak pada
komputer sangatlah tinggi. Dimana kini telah mengalami perkembangan yang cukup
signifikan.
3. Di waktu-waktu yang akan datang perkembangan perangkat keras
dan perangkat lunak akan meningkat tajam.
B. SARAN
Setelah mengkaji perangkat keras dan perangkat lunak pada computer, maka
penulis dapat memberi saran sebagai berikut:
1. Perlu dilakukan pendalaman terhadap perkembangan dan
kegunaan perangkat keras dan perangkat lunak pada komputer.
2. Setiap mahasiswa untuk mempermudah proses belajar mata
kuliah perlu dapat mengoperasikan perangkat lunak dan perangkat keras pada
komputer.
DAFTAR PUSAKA
https://id.wikipedia.org/wiki/Unit_Pemroses_Sentral
(Diakses pada tanggal 04 Januari 2019)
https://id.wikipedia.org/wiki/Memori_akses_acak
(Diakses pada tanggal 04 Januari 2019)
https://id.wikipedia.org/wiki/Cakram_keras
(Diakses pada tanggal 04 Januari 2019)
https://id.wikipedia.org/wiki/Tetikus
(Diakses pada tanggal 04 Januari 2019)
https://id.wikipedia.org/wiki/Papan_ketik
(Diakses pada tanggal 04 Januari 2019)
https://id.wikipedia.org/wiki/Monitor_komputer
(Diakses pada tanggal 04 Januari 2019)
https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_operasi
(Diakses pada tanggal 04 Januari 2019)
https://id.wikipedia.org/wiki/Program_komputer
(Diakses pada tanggal 04 Januari 2019)
http://sule-epol.blogspot.com/2016/10/makalah-komponen-komputer.html
(Diakses pada tanggal 04 Januari 2019)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar