KLASIFIKASI
MEDIA
Disusun oleh :
Nama : Mochamad Faris Ilham
Kelas : 4IB04
NPM : 14415213
Fakultas
Teknologi Industri
Universitas
Gundarma
2019
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, karunia
serta nikmat-Nya kepada kita semua khususnya pada diri penulis sehingga
penulisan makalah ini telah diselesaikan. Sholawat serta salam tak lupa pula
kami curahkan kepada Nabi Muhammad SAW serta keluarga, sahabat dan pengikutnya
yang senantiasa menjaga dan melaksanakan perintah agama sebagaiman Rasul
memberikan pengajaran kepada umatnya, yang semata-mata adalah memberikan cahaya
islam kedalam kehidupan manusia.
Penulis
menyadari sepenuhnya dalam penulisan makalah tanpa bantuan dari berbagi pihak
tidak akan terselesaikan, untuk itu penulis mengucapkan terima kasih yang
sebesar-besarnya kepada semua pihak yang tidak bisa disebutkan satu-satu dalam
membantu penyelesaian makalah ini. Selain itu penulis juga menyadari sepenuhnya
bahwa dalam pembuatan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan dan banyak kesalahan
ataupun kekeliruan dari berbagai segi, untuk itu penulis sangat mengharapkan
kritik, saran serta masukan yang bersifat membangun dari pembaca agar
kedepannya bisa lebih baik lagi.
BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Media pembelajaran sebagai salah
satu alat penunjang dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran digunakan
oleh guru untuk mempermudah guru dalam menyampaikan informasi pada siswa.
Karena sangat membantu dalam proses
belajar-mengajar. Beberapa ahli mengklasifikasikan media pembelajaran
dengan berbagai klasifikasi.
Hal yang
sama dikemukakan sebelumnya oleh Briggs (1970) yang menyatakan bahwa media
adalah segala bentuk fisik yang dapat menyampaikan pesan serta merangsang
peserta didik untuk belajar.
Dari
batasan yang telah disampikan oleh para ahli mengenai media, dapat disimpulkan
bahwa pengertian media dalam pembelajaran adalah segala bentuk alat komunikasi
yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi dari sumber ke peserta didik
yang bertujuan merangsang mereka untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Media,
selain digunakan untuk mengantarkan pembelajaran secara utuh, dapat juga
dimanfaatkan untuk menyampaikan bagian tertentu dan kegiatan pembelajaran,
memberikan penguatan maupun motivasi
Oleh karena itu melalui makalah ini,
penulis akan membahas lebih lanjut mengenai klasifikasi media pembelajaran
menurut para ahli yang dihadapi.
B.
Rumusan Masalah
1.
Pengertian Media
Pembelajaran ?
2. Apa saja klasifikasi media pembelajaran menurut
para ahli ?
3. Peran Media
Pembelajaran ?
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Media
Pembelajaran
Media berasal dari bahasa latin merupakan bentuk jamak dari “Medium” yang
secara harfiah berarti “Perantara” atau “Pengantar” yaitu perantara atau
pengantar sumber pesan dengan penerima pesan.[1][1]
Media adalah alat bantu apa saja yang dapat dijadikan
sebagai penyalur pesan guna mencapai tujuan pengajaran (Djamarah, 2002: 137).
B.
Klasifikasi Media Pembelajaran Menurut Ahli
1. Klasifikasi media
pembelajaran menurut Azhar Arshad
Klasifikasi sumber belajar tidak jauh berbeda
dengan bentuknya. Klasifikasi sumber belajar menurut Degeng dalam Azhar Arshad
(2006) adalah sebagai berikut:
- Pesan (Apa informasi yang ditransmisikan?)
- Orang (Siapa/Apakah yang melakukan transmisi?)
- Bahan (Siapa/Apakah yang menyimpan informasi?)
- Alat (Siapa/Apakah yang menyimpan informasi?)
- Teknik (Bagaimana informasi itu ditransmisikan?)
- Lingkungan/Latar (Di mana ditransmisikan?)
Rudy Bretz, mengklasifikasikan media berdasarkan
unsur pokoknya yaitu suara, visual (berupa gambar, garis, dan simbol), dan
gerak. Di samping itu juga, Bretz membedakan antara media siar (telecommunication) dan
media rekam (recording). Dengan demikian, media menurut taksonomi
Bretz dikelompokkan menjasi 8 kategori:1) media audio visual gerak,
2) media audio visual diam, 3) media audio semi gerak, 4) media visual gerak,
5) media visual diam, 6) media semi gerak, 7) media audio, dan 8) media cetak.
3. Klasifikasi media pembelajaran
menurut Sudjana dan Ahmad Rifa’i
Sudjana dan Ahmad Rifa’i membedakan atau
mengklasifikasikan media ke dalam empat kelompok, yaitu media grafis (dua
dimensi), misalnya gambar, foto, dan grafik. Media tiga dimensi, misalnya
model susun dan model kerja. Media proyeksi, misalnya OHP dan media
lingkungan (alam).
4. Klasifikasi media
pembelajaran menurut R. Murry Thomas
Menurut R. Murry Thomas media diklasifikasikan
berdasarkan jenjang pengalaman , yaitu: (1) Pengalaman dari benda asli (reliefe
experience), misalnya bola. (2) Pengalaman dari benda tiruan (sudstitude
of reliefe experience) misalnya gambar dan foto. (3) Pengalaman dari kata-kata
(word only), misalnya buku dan program radio.
5. Klasifikasi media
pembelajaran menurut Soeparno
- Klasifikasi media berdasarkan karakteristiknya, dibedakan menjadi: (a) media yang memiliki karakteristik tunggal, misalnya radio. (b) media yang memiliki karakteristik ganda, misalnya film dan TV.
- Klasifikasi media berdasarkan dimensi presentasi, yang dibedakan menjadi: (a) Lama presentasi yaitu presentasi sekilas, misalnya TV, dan presentasi tak sekilas, misalnya OHP. (b) sifat presentasi yaitu presentasi kontinyu, misalnya TV, dan presentasi tak kontinyu, misalnya OHP.
- Klasifikasi media berdasarkan pemakainya, dapatdibedakan menjadi (a) berdasarkan jumlah pemakai, yaitu media untuk kelas besar, kelas kecil, dan belajar individual, (b) berdasarkan usia dan tingkat pendidikan pemakai, yaitu media untuk TK, SD, SMP, SMU, dan PT.
C. Peran Media Pembelajaran
Penggunaan media komputer dalam proses belajar-mengajar merupakan salah
satu alternatif guru untuk menyeragamkan media pengajaran sehingga merangsang
siswa dalam berpikir, perhatian, perasaan dan minat siswa untuk memungkinkan
terjadinya proses belajar-mengajar yang timbal balik antara guru dan siswa.
Adapun peran
media pembelajaran yaitu:
1. Memperjelas
penyajian materi agar tidak hanya bersifat verbal (dalam bentuk kata-kata
tertulis atau tulisan)
2. Mengatasi
keterbatasan ruang, waktu dan daya indera, karena menurut para ahli
kemampuan daya
serap manusia dalam memahami masalah dengan panca indera yaitu:
1) Telinga
(pendengaran) 13 %,
2) Mata
(penglihatan) 75 %,
3) Hidung (penciuman)
3 %,
4) Kulit 6 %,
5) Lidah (rasa) 3 %
3. Penggunaan
media secara tepat dan bervariasi dapat mengatasi sifat pasif anak
didik
4. Menghindari
kesalahpahaman terhadap suatu objek dan konsep
DAFTAR PUSAKA
http://materiperkuliahanpgsdselvia.blogspot.com/2017/11/makalah-klasifikasi-media-pembelajaran.html
(Diakses pada tanggal 08 Mei 2019)
http://marwahpgmi.blogspot.com/2015/10/peranfungsiklasifikasi-dankarasteristik.html
(Diakses pada tanggal 08 Mei 2019)
https://belajarpsikologi.com/klasifikasi-media-pembelajaran/
(Diakses pada tanggal 08 Mei 2019)
http://makalahpendidikan-sudirman.blogspot.com/2012/02/klasifikasi-media-pembelajaran.html
(Diakses pada tanggal 08 Mei 2019)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar